fbpx

Jakarta – Halo Ripiuers! Facebook akan meluncurkan mata uang digital (cryptocurrency) berbasis blockchain, Libra pada awal tahun 2020. Fitur ini nantinya akan tersedia pada aplikasi Messenger dan WhatsApp.

Pada dasarnya, Libra akan menjadi mata uang digital yang akan digunakan untuk aktivitas pertukaran uang di dunia maya dan berbelanja di merchant-merchant terpilih dari Facebook. Untuk dapat menggunakannya, nantinya pengguna harus membeli mata uang Libra di bursa penukaran cryptocurrency dan menyimpannya di sebuah dompet digital.

Libra memiliki kesamaan dengan Bitcoin karena sama-sama berbasis blockchain. Namun, Libra juga memiliki segudang perbedaan dengan Bitcoin.

Bila Bitcoin bebas beredar di pasar dan tanpa pengelola, maka Libra dikelola dan dikendalikan oleh lembaga nirlaba bernama Libra Association. Lembaga ini berkantor di Jenewa, Swiss, dan memiliki 28 anggota termasuk Facebook, PayPal, Uber, Mastercard hingga Visa.


Berbagai perusahaan yang tergabung dengan asosiasi nirlaba Libra. Sumber: Facebook

Dari sisi privasi dan keamanan, Bitcoin bisa ditransaksikan secara anonim sedangkan Libra tidak bisa. Pasalnya, transaksi harus menggunakan Calibra dan pengguna harus melalui proses “know your customer”. Proses ini merupakan proses memverifikasi identitas pengguna untuk mencegah kejahatan di sektor keuangan.

Itu berarti siapa pun yang mendaftar harus mendaftarkan ID resmi yang dikeluarkan pemerintah dan informasi pribadi lainnya.

Mekanisme Libra pada smartphone. Sumber: Facebook

Kita tunggu saja ya keluncurannya Libra by Facebook ini, Ripiuers.