fbpx

3. Katakan tidak pada suhu ekstrem

Suhu ekstrem, terutama yang tinggi, dapat merusak baterai maupun bagian lain hp secara permanen. Membiarkan iPhone berada pada suhu yang terlampau rendah maupun terlampau tinggi sama-sama tidak baik untuk baterai di dalamnya. Suhu ruang yang paling baik untuk meninggalkan iPhone-mu berada pada rentang 16 hingga 22 derajat Celsius, sementara batas atas suhu tingginya ada pada 35 derajat Celsius. Lebih dari itu, baterai akan rusak permanen. Suhu yang rendah juga dapat mengurangi kadar baterai yang tidak akan merusak baterai secara permanen. Namun jika dibiarkan terlalu lama dalam kondisi charging pada suhu ruang yang terlampau rendah, kerusakan permanen juga akan terjadi dalam bentuk lithium plating. Selain suhu ruang tempat kamu berada, suhu ekstrem juga dapat dialami iPhone-mu dari mesinnya sendiri. Terutama buat kalian yang gemar main game, pastinya sudah sering ngerasain hp jadi panas di tengah-tengah game. Hati-hati ya, jangan sering dibiarkan kalau hp-mu sudah panas. Degradasi kapasitas bateraimu akan melaju dengan lebih cepat. Salah-salah, kerusakannya juga bisa permanen seperti halnya menjemur iPhone-mu di bawah terik matahari.

4. Tidak ada istilah ‘overcharging’

iPhone-mu secara otomatis akan menghentikan proses charging setelah mencapai kadar baterai 100%. Namun begitu, membiarkan hp-mu dalam kondisi charging terlalu lama juga kurang dianjurkan. Meski dapat menghentikan sendiri proses charging setelah kadar baterai menyentuh 100%, senantiasa terisi penuh juga membebani baterai iPhone. Jika terlalu sering dibiarkan, ia dapat mengalami degradasi dengan lebih cepat. Kalau ingin baterai tahan lama, jangan sering-sering tinggalkan iPhone-mu dalam kondisi charging semalaman lagi ya Ripiuers.

5. Charge iPhone setidaknya sekali dalam 6 bulan

Ketika kamu akan menghibernasikan iPhone lamamu karena sudah ada pengganti barunya, jangan lupa untuk mengisi baterainya terlebih dahulu hingga sekitar 50% sebelum dimatikan dan disimpan. Mengapa 50%? Karena jika dibiarkan baterai tersebut berhibernasi dengan kadar baterai rendah, ia bisa rusak total hingga tidak dapat dihidupkan kembali. Sementara apabila disimpan dengan kadar baterai 100%, kapasitas baterai lama kelamaan akan berkurang (degradasi).

Setelahnya, jangan lupa untuk menyimpan iPhone-mu di tempat yang kering dengan suhu ruang normal. Setidaknya enam bulan sekali, jemput dia dan charge kembali hingga 50%.

Selamat tinggal baterai hp cepat habis! Setelah baca, jangan lupa dipraktekkan langsung di iPhone masing-masing ya Ripiuers supaya baterai tahan lama dan berumur panjang. Kalau sekarang, berapa sih persentase battery health iPhone-mu?