fbpx

Ripiuers hari ini sudah charge hp belum?

Gak cuma kamu doang kok yang sering mikirin kenapa baterai hp cepat habis. Memang, di luar sana sudah banyak yang mencoba memberi tips agar baterai hp awet. Tapi tidak sedikit pula yang saling berkontradiksi dan ujung-ujungnya malah menyesatkan. Lima tips di artikel ini Anak Ripiu sajikan untuk kalian yang sudah sering terlanjur nanyain Om Google ‘cara menghemat baterai iPhone’ akibat kesalahan informasi.

Pertama-tama, kita harus tahu dulu mengapa banyak tips baterai tahan lama yang bertebaran di internet bukannya membantu malah menyesatkan. Ternyata, hal ini dikarenakan orang-orang masih berpegang pada tips jadul yang efektif untuk teknologi baterai Nickel-Cadmium atau Nickel-Metal-Hydride. Padahal hp jaman sekarang sudah menggunakan baterai teknologi Lithium-ion, termasuk iPhone milikmu. Dengan teknologi yang berbeda, cara merawatnya tentu juga berbeda.

1. Kehabisan baterai dapat berujung maut

Jangan biarkan iPhone-mu mati kehabisan baterai. Jangankan sering dilakukan, sekali saja dihabiskan total, baterai iPhone bisa rusak secara permanen.

Jika hp-mu terlanjur mati kehabisan baterai, jangan menunggu dan segeralah charge kembali. Hal ini dikarenakan charger internal iPhone yang sudah di-design untuk melindungi diri dengan cara mematikan mesin saat kadar baterai sudah sangat rendah, yaitu sebelum kadar baterai benar-benar di posisi 0%. Dengan segera meng-charge kembali iPhone-mu, kamu bisa mencegah baterai benar-benar kosong yang berujung kerusakan.

2. Kabel charger yang kamu gunakan dapat merusak iPhone

Jika kamu termasuk pengguna iPhone yang asalkan melihat kabel charger yang muat lantas langsung dipakai, sungguh kasihan iPhone-mu. Pilihan terbaik untuk iPhone-mu tentu jatuh pada charger asli yang telah diberikan Apple. Kalau memang tidak memungkinkan untuk dipakai, kamu dapat menggunakan charger yang berkualitas tinggi lainnya (dengan brand yang ternama). Mengapa? Bukan untuk gegayaan, charger murahan yang tidak jelas kualitasnya dapat berakibat mulai dari penurunan kapasitas baterai, kerusakan permanen pada baterai, hingga ledakan yang dapat mencederai dirimu. Jadi, jangan sembarangan colok iPhone-mu dengan sembarang kabel lagi ya.